Translate

Rabu, 25 Maret 2015

Begini Lho Proses Terjadinya Kentut

 

Meski merupakan proses alamiah dan pastinya dialami semua orang, belum tentu banyak orang tahu bagaimana kentut bisa dikeluarkan. Paling-paling, hanya merasa perut agak penuh atau kembung lalu keinginan untuk buang angin pun muncul.

dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dari divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, mengatakan pada prinsipnya, bahan makanan yang sudah tercerna di dalam tubuh akan menghasikan gas.

Nah, gas-gas seperti karbon dioksida, metan, amoniak, hidrogen dan sulfurlah yang menyebabkan kentut berbau. Dengan kata lain, ada reaksi kimia yang menghasilkan gas buangan tubuh berupa kentut ini.

Sementara itu, dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengungkapkan kentut atau flatus berasal dari gas dalam usus yang bisa bersumber dari gas yang ditelan, gas karena reaksi kimiawi antara asam lambung dan cairan tubuh, ataupun gas dari bakteri dalam perut.

"Gas yang diproduksi antara lain karbondioksida (CO2), hidrogen (H2) dan metan. Biasanya, yang memiliki aroma menyengat adalah gas metan.

Untuk mengetahui gambaran lebih jelas bagaimana makanan dan minuman yang dikonsumsi lalu dicerna bisa menghasilkan gas buangan, dapat disimak melalui gambar ini


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar